Tempatnya Berbagai Info Yang Dimiliki Penulis

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan



Etika Bisnis

Etika adalah ilmu yang berkenaan dengan apa yang baik dan yang buruk, atau berkenaan tentang kewajiban moral. Etika sendiri bersumber dari moralitas yang merupakan nilai tentang bagaimana menjalani hidup secara baik sebagai manusia.

Dalam lingkungan bisnis atau perusahaan, etika bisnis adalah suatu kode etik perilaku pengusaha berdasarkan nilai-nilai moral yang dijadikan sebagai pedoman berperilaku dalam menjalankan suatu organisasi atau usaha. Etika bisnis sangat penting bagi perusahaan untuk mempertahankan loyalitas dan image dari pihak-pihak yang terlibat dalam pengambilan keputusan perusahaan. Praktik bisnis yang tidak etis dapat menyebabkan turunnya image perusahaan. Hal ini nantinya akan berdampak pada aktivitas perusahaan dimasa yang akan datang.

Dalam merumuskan tingkah laku etika bisnis menurut Von der Embse dan R.A Wagley (1988)  terdapat 3 pendekatan yakni :

1. Utilitarian Approach

Pendekatan ini berpendapat bahwa setiap tindakan harus didasarkan pada konsekuensinya. Oleh karena itu, seseorang harus mengikuti cara yang dapat memberikan manfaat besar kepada masyarakat,tidak membahayakan dan dengan biaya serendah-rendahnya.

2. Individual Right Approach

Pendekatan ini berpendapat bahwa setiap individu dalam tindakan dan tingkah lakunya memiliki dasar yang harus dihormati. Tetapi tindakan dan tingkah laku yang dilakukan harus dihindari apabila akan menyebabkan terjadinya benturan dengan hak orang lain.

3. Justice Approach

Setiap pembuat keputusan memiliki kedudukan yang sama, seperti bertindak adil dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan baik secara perseorangan maupun kelompok. Pendekatan etika bisnis ini akan memberikan keuntungan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Corporate Social Responsibility (CSR) atau dalam bahasa Indonesia tanggung jawab sosial perusahaan adalah wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar perusahaan berada. Tanggung jawab sosial perusahaan adalah suatu komitmen berkelanjutan dari sebuah perusahaan untuk bertindak etis dan memberikan konstribusi pada pengembangan ekonomi dari komunitas setempat maupun masyarakat luas, serta para karyawan perusahaan. Dalam artian lebih luas tanggung jawab sosial perusahaan adalah tanggung jawab terhadap pelanggan, karyawan, dan kreditor.

1. Tanggung Jawab Sosial Kepada Pelanggan

Tanggung jawab kepada pelanggan tidak hanya menyediakan barang atau jasa, tetapi juga tanggung jawab ketika memproduksi dan menjualnya. Perusahaan memiliki tanggung jawab untuk membuat produk yang aman dan tidak merugikan pelanggan. Perusahaan dapat melaksanakan tanggung jawab sosial kepada pelanggan dengan menciptakan kode etik, memonitor keluhan pelanggan serta menanyakan kepada pelanggan masukan mengenai produk.

2. Tanggung Jawab Sosial Kepada Karyawan

Perusahaan bertanggung jawab atas karyawan terkait pemberian rasa aman, perlakuan yang wajar dari karyawan lain, serta kesempatan yang sama bagi setiap karyawan. Pemberian rasa aman pada karyawan dapat melindungi karyawan dari kecelakaan kerja dan mampu meningkatkan kualitas dalam bekerja. Saat ini telah banyak perusahaan menciptakan prosedur keluhan bagi karyawan yang merasa mendapat perlakuan kurang wajar atau tidak diberi kesempatan yang sama.

3. Tanggung Jawab Sosial Kepada Saham

Tanggung jawab perusahaan kepada pemegang saham terkait dengan kepuasan pemegang saham. Perusahaan harus bisa meyakinkan pemagang saham bahwa keputusan yang diambil untuk meningkatkan nilai perusahaan. Selain itu perusahaan juga harus menyediakan informasi  pada para investor mengenai tingkat harga saham dan keuntungannya.

4. Tanggung Jawab Sosial Kepada Kreditur

Tanggung jawab ini berkaitan dengan masalah keuangan dan kewajiban perusahaan yang belum dilunasi. Apabila terdapat masalah keuangan perusahaan harus memberitahu kreditur agar kreditur bersedia memperpanjang jatuh tempo pelunasannya.

5. Tanggung Jawab Sosial Kepada Lingkungan

Berkaitan dengan menjaga kelestarian lingkungan,seperti dengan mencegah aktivitas perusahaan yang menyebabkan polusi disekitar area usaha.

6. Tanggung Jawab Sosial Kepada Komunitas

Perusahaan dapat melaksanakan tanggung jawabnya kepada komunitas dengan membantu kelompok sosial lokal, juga bisa memberikan sarana pendidikan, kesehatan, atau pengadaan infrastruktur yang dibutuhkan komunitas.

0 Komentar untuk "Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan"

Back To Top