Tempatnya Berbagai Info Yang Dimiliki Penulis

Elastisitas Permitaan dan Penawaran

Pengertian Elastisitas

Elastisitas adalah ukuran derajat kepekaan suatu variabel terhadap perubahan variabel lainnya. Semakin tinggi elastisitas maka semakin besar derajat kepekaannya.

Dalam konsep permintaan dan penawaran elastisitas umumnya terkait dengan respon perubahan harga terhadap jumlah barang. Derajat kepekaan terhadap perubahan harga berbeda-beda antara satu barang dengan barang lainnya. Ukuran derajat kepekaan jumlah permintaan suatu barang terhadap perubahan faktor-faktor yang mempengaruhinya disebut elastisitas permintaan, sedangkan derajat kepekaan jumlah penawaran suatu barang terhadap faktor-faktor yang mempengaruhinya disebut elastisitas penawaran.

Semakin elastis suatu produk, maka semakin sensitive produk tersebut terhadap perubahan harga. Maka perubahan kecil harga akan menyebabkan perubahan yang lebih besar terhadap perubahan kuantitas produk. Sebaliknya, bila produk inelastis, maka produk tersebut tidak sensitive, perlu perubahan harga yang lebih besar daripada perubahan kuantitasnya.

Rumus Elastisitas

Untuk menentukan elastisitas permintaan atau penawaran atas suatu produk dapat dengan membandingkan persentase perubahan kuantitas  atas persentase perubahan harga. Apabila dituliskan dalam rumus matematika maka dapat dinotasikan dengan :

Rumus Elastisistas


Keterangan :

ED        : Elastisitas Permintaan

ES        : Elastisitas Penawaran

Q         : Kuantitas

P          : Harga

Bila angka elastisitas lebih atau sama dengan satu maka kurva dianggap elastsis, tetapi jika kurang dari satu maka kurva tersebut dianggap inelastis.

Elastisitas Permintaan

Elastisitas permintaan adalah ukuran perubahan jumlah permintaan barang akibat perubahan harga tersebut. Umumnya dalam permintaan ketika harga naik, maka kuantitas barang yang diminta oleh konsumen akan menurun. Elastisitas permintaan digunakan untuk mengetahui besarnya perubahan jumlah barang yang diminta akibat perubahan harga barang tersebut.

Elastisitas permintaan memiliki 5 jenis, yakni :

- Permintaan elastis (ED>1)

Koefisien elastisitas permintaan yang lebih besar dari satu terjadi apabila sedikit saja harga berubah akan diikuti jumlah permintaan cukup besar. Atau dengan kata lain perubahan harga diikuti jumlah permintaan dalam jumlah lebih besar.

- Permintaan inelastis (ED<1)

Koefisien elastisitas permintaan yang lebih kecil dari satu (lebih besar dari 0) terjadi apabila perubahan harga tidak terlalu berpengaruh pada jumlah permintaan. Atau dengan kata lain perubahan harga hanya diikuti perubahan permintaan dalam relatif kecil.

- Permintaan inelastis sempurna (ED=0)

Koefisien elastisitas permintaan yang nilainya sama dengan nol terjadi apabila perubahan harga tidak berpengaruh sama sekali terhadap jumlah permintaan. Atau dengan kata lain jumlah permintaan akan tetap sekalipun harganya berubah-ubah.

- Permnitaan elastis unitary (ED=1)

Koefisien elastisitas permintaan sama dengan satu terjadi apabila perubahan harga sebanding dengan perubahan permintaannya.

- Permintaan elastis sempurna (ED= ∞)

Koefisien elastistas permintaan yang nilainya tak hingga terjadi apabila perubahan permintaan tidak berpengaruh sama sekali terhadap perubahan harga atau dengan kata lain sekalipun tidak ada perubahan harga jumlah permintaan dapat berubah-ubah.

Grafik Elastisitas Permintaan

Grafik elastisitas permintaan


Elastisitas Penawaran

Elastisitas penawaran adalah derajat kepekaan jumlah penawaran suatu barang terhadap harga barang itu sendiri. Sama seperti elastisitas permintaan, elastisitas penawaran juga memiliki 5 jenis.

- Penawaran elastis (ES>1)

Koefisien elastistas penawaran yang nilainya lebih dari satu terjadi apabila persentase perubahan jumlah penawaran lebih besar dari persentase perubahan harga.

- Penawaran inelastis (ES<1)

Koefisien elastistas penawaran yang nilainya kurang dari satu terjadi apabila persentase perubahan harga diikuti dengan jumlah penawaran yang lebih besar.

- Penawaran elastis uniter (ES=1)

Koefisien elastistas penawaran yang nilainya sama dengan satu terjadi apabila persentase perubahan jumlah penawaran sama dengan persentase perubahan harga.

- Penawaran inelastis sempurna (ES=0)

Koefisien elastistas penawaran yang nilainya sama dengan nol terjadi apabila persentase perubahan harga tidak berpengaruh sama sekali terhadap jumlah penawaran.

- Penawaran elastis sempurna (ES=)

Koefisien elastistas penawaran yang nilainya sama dengan tak hingga terjadi apabila persentase perubahan jumlah penawaran tidak berpengaruh sama sekali terhadapa harga.

Grafik Elastisitas Penawaran

Grafik elastisitas penawaran


Label : ekonomi, IPS
0 Komentar untuk "Elastisitas Permitaan dan Penawaran"

Back To Top