Tempatnya Berbagai Info Yang Dimiliki Penulis

Konsep Dasar Statistika, Pengertian dan Penggolongannya

Waktu yang tepat untuk belajar konsep dasar statistika adalah hari ini. Bukan esok atau lusa. Karena itulah siapkan beberapa menit waktu untuk membaca apa yang sudah secara khusus kami sajikan pada tulisan kali ini.

Pada penjelasan awal kali ini kami akan coba bahas beberapa hal paling dasar seperti pengertian, penggolongan, fungsi, kegunaan dan data statistik ini seperti apa. Langsung saja yuk kita mulai pembahasannya.



Pengertian Statistika – Konsep Dasar Statistika

Untuk lebih memahami konsep dasar statistika, sebaiknya kita mempelajari asal muasal dan pengertian statistika ini seperti apa. Ada dua pendekatan pengertian yang akan coba kami uraikan. Pertama secara etimologis, dan selanjutnya secara terminologi. Lebih jelasnya silakan baca rincian sebagai berikut :

1. Pengertian secara Etimologis

Statiska ini secara etimologi ini berasal dari 3 bahasa yang berbeda tapi memiliki arti yang sama. Yaitu berarti kumpulan data-data yang bentuknya angka..

Di Inggris statistics sendiri memiliki arti ilmu statistika yang berarti ilmu yang mengukur angka dari data-data yang bisa didapatkan dari sebuah sampel.

2. Pengertian secara Terminologi - Konsep Dasar Statistika

Pada pengertian ini, lebih lanjut akan kita bagi menjadi beberapa pengertian yang lebih rinci ya. Di antaranya adalah

a. Data statistik - yang berarti kumpulan data atau keterangan tetapi dalam bentuk angka atau istilah lain. Yang diolah pada satu cabang kegiatan tertentu. Data-data tersebut seharusnya bisa memberikan sebuah gambaran tentang keadaan atau gejala yang lebih spesifik.

Dengan kata lain, kumpulan angka atau deretan ini akan merujuk pada satu nilai yang diinginkan pada kegiatan tersebut. Contohnya adalah statistik penduduk, pertanian atau statistik Pendidikan

b. Penstatistikan – yaitu kegiatan berupa mencari, menggali, mengolah dan menentukan sebuah data statistik

c. Metode statistik – adalah cara-cara tertentu yang digunakan untuk mengambil, mengolah dan menentukan sebuah data statistik. Metode ini juga ada ilmunya lebih lanjut ya. Sementara kita bahas garis besarnya saja

d. Istilah statistik ini juga bisa diartikan sebagai ilmu statistik. Artinya adalah pengetahuan khusus yang akan membahas tentang banyak hal terkati data-data dalam bentuk angka.

Penggolongan Konsep Dasar Statistik

Semakin lanjut tentang konsep dasar statistik ini kita akan membagikanya menjadi beberapa golongan diantarnya sebagai berikut

a. Statistik Deskriptif

Artinya adalah statistik yang mencangkup tentang cara mengumpulkan, Menyusun, menggali, mengatur, mengolah, menaganilisa dan menampilkannya menjadi sebuah data yang memberikan gambaran tertentu. Dengan hasil data yang selain jelas, ringkas, tetapi mudah dimengerti

b. Statistik Inferensial

Pada golongan ini, akan lebih banyak digunakan cara atau aturan yang akan digunakan secara baku untuk menarik sebuah kesimpulan secara umum. Supaya gambaran data bisa lebih ringkas dan jelas ketika disampaikan.

Fungsi dan Kegunaan Statistik

Lanjut lagi nih konsep dasar statistikanya, berikut ada beberapa fungsi dan kegunaan yang bisa dilakukan oleh statistik

a. Fungsi Statistik

Data statistik dalam konsep dasar statistika ini berfungsi sebagai sebuah alat ukur yang bisa membantu mengolah, mengumpulkan, menganalisis, sampai membuat kesimpulan untuk hasil yang sudah dicapai pada sebuh penilaian.

b. Kegunaan Statistik

- Memperolah sebuah visualisasi secara jelas dan khusus ataupun secara umum tentang suatu keadaan tertentu.

- sebagai media untuk melihat perkembangan suatu gejala atau keadaan. Dari sini kita jadi tahu apakah grafiknya naik atau menurun.

- sebagai alat untuk menguji apakah sebuah data yang ada sudah sesuai atau belum, apakah bisa dipertanggung jawabkan atau tidak.

- membandingkan apakah ada hubungannya dengan gejala yang lain

- sebagai alat untuk Menyusun data yang secara kuantitatif sudah jelas dan ringkas.

- dengan kesimpulan yang logis, jadi bisa mengambil keputusan secara tepat.

Data Statistik

Selanjutnya tentang konsep dasar statistika ini akan langsung membahas tentang data statistik itu seperti apa. Pengertian, penggolongan dan sifat data statistik.

a. Pengertian Data Statistik

Data statistik adalah data yang berwujud angka atau bilangan tapi tidak semua angka data statistik  karena untuk dapat disebut data-data statistik angka itu harus memenuhi persyaratan tertentu yaitu bahwa angka tadi seharusnya menunjukkan suatu ciri berupa suatu penelitian yang bersifat agregatif serta mencerminkan suatu kegiatan dalam bilangan yang lebih spesifik.

b. Penggolongan Data Statistik

Berikutnya konsep dasar statistika membahas penggolongan data statistik Berdasarkan sifatnya

Data ini dibedakan lagi menjadi 2 kategori yaitu data kontinyu dan data stastika diskrit. Kontinyu berarti setiap angka yang berderet pada data memiliki angka yang saling tersambung. Sementara yang diskrit berarti angka statistiknya berupa bentuk yang bukan pecahan

Penggolongan data statistik berdasarkan cara menyusun angkanya

- Data nominal adalah data statistik yang penyusunan angkanya berdasarkan karakteristik angka tertentu. Data nominal juga sering disebut data hitungan, karena cara memperoleh datanya dengan hitungan

- Data Ordinal Adalah data yang diurut berdasarkan rangking

- Data interval adalah data yang sama yang mungkin harus diselidiki lagi

Penggolongan data statistik berdasarkan bentuk angkanya

- Data tunggal adalah data statistik yang masing-masing memiliki angka tidak terikat atau berkelompok dengan data lainnya

- Data kelompok adalah data statistik yang tiap angkanya memilki kelompok dalam satu unit data tertentu.

Penggolongan data statistik berdasarkan sumbernya

- Data primer adalah data statistik yang diperoleh dari melalui sumber pertama.

- Data skunder adalah data statistik yang diperoleh melalui sumber yang lain selain sumber pertama.

Penggolongan berdasarkan waktu pengumpulannya.

- Data seketika adalah data statistik yang dikumpulkan dalam waktu cepat dan hanya digunakan waktu itu saja.

- Data urutan waktu atau data urutan historical ini diambil berdasarkan runtutan waktu yang saling berhubungan

Sifat Data Statistik

Bagian akhir kita akan membahas konsep dasar statistika berdasarkan sifat data statistik itu sendiri ya

a. Data statistik memiliki nilai relatif  dari suatu angka atau bilangan yang memiliki hubungan dengan angka yang lain

b. Data statistik memiliki nilai nyata dari suatu nilai sebenarnya dari nilai relatif

c. Data statistik memiliki batas yaitu dari yaitu bawah relatif, atas relatif, batas bawah nyata dan atas nyata.

d. Data statistik yang berbentuk data kelompok memiliki nilai tengah. Yang dimaksud dengan nilai tengah adalah angka yang letaknya ada di tengah-tengah deretan bilangan tersebut.

Penutup

Nah itulah konsep dasar statistika yang coba kita kupas satu persatu dari mulai pengertian sampai dengan data statistika itu sendiri seperti apa. Pada intinya, data statistik adalah data yang berbentuk angka yang sudah diolah dan dianalisis supaya mendapatkan data yang memiliki arti, dan jelas ketika dibacanya. Data statistika akan memudahkan pembacanya dalam membaca satu persitiwa atau data yang sudah jelas.


Label : Statistika
0 Komentar untuk "Konsep Dasar Statistika, Pengertian dan Penggolongannya"

Back To Top