Tempatnya Berbagai Info Yang Dimiliki Penulis

Badan-Badan Kerja Sama Ekonomi Antarnegara

Seiring berkembangnya peradaban manusia yang kini semakin maju, kebutuhan manusiapun juga bertambah banyak dan bahkan menjadi beranekaragam. Manusia tidak selamanya bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, juga membutuhkan bantuan dari orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Semakin berkembangnya kebutuhan masyarakat, maka suatu negara akan tidak mampu untuk memenuhi dan memproduksi kebutuhan masyarakat yang semakin banyak dan beragam.

kerja sama antar negara didasari karena adanya saling membutuhkan dan saling menguntungkan. Negara-negara yang ingin mewujudkan masyarakat yang makmur dapat membentuk sebuah organisasi atau forum kerja sama ekonomo antar negara. Organisasi dan badan forum ini mengatur dan memfasilitasi kegiatan anggota demi tujuan bersama. Badan kerja sama ekonomi antar negara dibagi menjadi 2 yaitu Badan kerjasama ekonomi regional dan badan kerja sama ekonomi multilateral.



Badan Kerja Sama Ekonomi Regional

  • APEC (Asia Pasicif Economic Cooperation), dibentuk di Carnberra, Australia, 1989. Tujuan pokok dari APEC adalah melakukan liberalisasi investasi dan perdagangan serta meningkatkan pemanffaatan SDA dan kualitas untuk meningkatkan pembangunan serta pertumbuhan ekonomi dikawasan Asia Pasifik.
  • ASEAN (Association of South East Asian Nations), didirikan pada tanggal 8 Agustu 1967 yang mempunyai tujuan menjalin persaudaran dengan anggota, meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan, dan pariwisata.
  • AFTA (ASEAN Free Trade Area) , AFTA memiliki tujuan untuk meningkatkan daya saing di kawasan ASEAN pada ekonomi, menjadikan ASEAN salah satu basis produksi di dunia serta menarik investasi dan perdagangan antar anggota ASEAN.
  • Colombo Plan, colombo plan merupakan rencana untuk kerjama mengembangkan ekonomi di bagian Asia Selatan dan Asia Tenggara dan memiliki tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di daerah Asia Selatan dan Asia Tenggara. Bentuk bantuan dari colombo plan adalah pinjaman atau sumbangan, bahan makanan, pupuk, jasa tenaga ahli, pendidikan dan latihan keterampilan
  • NAFTA (North America Free Trade Area), NAFTA merupakan blok perdagangan di daerah kawasan Amerika Utara.
  • EEC (European Economi Community), EEC memiliki tujuan yaitu menyusun politik berdagang bersama dan mendirikan daerah perdagangan antar negara eropa barat.
  • ADB (Asian Development Bank), tujuan ADB adalah untuk membantu negara-negara di Asia yang sedang melakukan pembangunan dengan cara memberikan pinjaman. Pinjaman ini dalam bentuk pinjaman jangka panjang dan pinjaman jangka pendek.

Badan kerja sama ekonomi Multilateral

Badan kerja sama ekonomi multilateral dibagia menjadi 2 yaitu badan kerja sama ekonomi multilateral dibawah PBB dan non-PBB

A.Badan kerja sama ekonomi multilateral di bawah PBB

Badan kerja sama ekonomi multilateral di bawah PBB yang muncul di dunia adalah sebagai berikut :

  • ILO (International Labour Organization) atau Organisasi Buruh Internasional adalah wadah yang menampung isu buruh internasional dibawah naungan PBB.
  • IBRD (International Bank Reconstruction and Development) atau Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan adalah institusi keuangan internasional yang menawarkan pinjaman kepada negara berkembang dengan pendapatan menengah.
  • UNDP (United Nations Development Programs) atau Badan Progam Pembangunan PBB adalah organisasi multilateral yang paling besar memberi bantuan teknis dan pembangunan dunia.
  • UNIDO (United Nations Industrial Development Organization) atau Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah sebuah badan khusus PBB yang didirikan untuk mempromosikan dan mempercepat perkembangan industrial di negara-negara berkembang serta negara-negara yang sedang dalam masa transisi ekonomi, serta untuk mempromosikan kerjasama industrial internasional.
  • IDA (International Development Association) atau Asosiasi Pembangunan Internasional adalah institusi keuangan internasional yang menyediakan pinjaman kepada negara berkembang miskin di dunia. Institusi ini merupakan bagian dari Grup Bank Dunia.
  • UNCTAD (United Nations Conference on Trade and Development) adalah bagian dari Sekretariat Perserikatan Bangsa-Bangsa yang berurusan dengan perdagangan, investasi, dan isu-isu pembangunan. Tujuan organisasi adalah untuk: "memaksimalkan peluang perdagangan, investasi dan pengembangan negara-negara berkembang dan membantu mereka dalam upaya mereka untuk mengintegrasikan ke dalam ekonomi dunia secara adil.
  • IMF (International Monetary Fund) atau Dana Moneter Internasional adalah sebuah organisasi dari 190 negara, yang dibentuk untuk mendorong kerjasama moneter global, mengamankan stabilitas keuangan, memfasilitasi perdagangan internasional, meningkatkan lapangan kerja yang tinggi dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, serta mengurangi kemiskinan di seluruh dunia.
  • IFC (International Finance Coorporation) adalah lembaga keuangan internasional yang menawarkan layanan investasi, konsultasi, dan pengelolaan aset untuk mendorong pengembangan sektor swasta di negara-negara yang kurang berkembang.
  • FAO (Food and Agriculture Organization) atau Organisasi Pangan dan Pertanian adalah organisasi dibawah naungan PBB yang bertujuan bertujuan untuk meningkatkan gizi dan juga standarr hidup, serta meningkatkan produktivitas pertanian dan memperbaiki kehidupan masyarakat pedesaan.

B. Badan kerja sama ekonomi multilateral di bawah non- PBB

Badan kerja sama ekonomi multilateral di bawah non-PBB yang muncul di dunia adalah sebagai berikut :

  • OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries) adalah organisasi yang bertujuan menegosiasikan masalah-masalah mengenai produksi, harga dan hak konsesi minyak bumi dengan perusahaan-perusahaan minyak.
  • ITC (International Tin Council) atau Dewan Timah Internasional adalah organisasi yang bertindak atas nama produsen dan konsumen timah besar untuk mengendalikan pasar timah internasional.
  • OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) atau Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi adalah sebuah organisasi internasional dengan tiga puluh negara yang menerima prinsip demokrasi perwakilan dan ekonomi pasar bebas.
  • CGI (Consultative Group on Indonesia) adalah kelompok beberapa negara yang memberi bantuan kepada Indonesia sebagai anggota IGGI.
  • G8 (Groub of Eight) adalah sebuah Forum Internasional yang terdiri dari Pemerintah 8 (Delapan) Negara Maju di Dunia yang membahas tentang Perekonomian dan Politik.

Label : IPS
0 Komentar untuk "Badan-Badan Kerja Sama Ekonomi Antarnegara"

Back To Top