Tempatnya Berbagai Info Yang Dimiliki Penulis

Ciri Umum Jika Seorang Wanita Sedang Hamil


Meskipun terdengar sedikit aneh, tahukah kalian bahwa minggu pertama kehamilan wanita itu  didasarkan pada tanggal periode mengalami menstruasi terakhir wanita tersebut. Periode menstruasi terakhir Anda dianggap minggu pertama kehamilan, bahkan jika Anda belum benar-benar hamil. Tanggal kelahiran yang diharapkan dihitung menggunakan hari pertama dari periode terakhir Anda. Karena itulah, beberapa minggu pertama di mana mungkin kalian belum merasakan gejala juga diperhitungkan pada kehamilan 40 minggu kalian. Disini kami akan membahas ciri ciri hamil pada masa-masa awal kehamilan yang jarang diketahui oleh wanita:
1. Kram dan bercak selama awal kehamilan
Dari minggu 1 hingga minggu 4, semuanya masih terjadi pada tingkat seluler. Sel Telur yang sudah dibuahi selanjutnya menciptakan blastokista (kelompok sel yang diisi cairan) yang kemudian berkembang menjadi organ dan juga bagian tubuh bayi. Sekitar 10 hari sampai hari ke  14 atau kurang lebih pada minggu ke 4setelah pembuahan, blastokista akan ditanamkan di endometrium atau yang lebih dikenal dengan lapisan rahim. Hal Inilah dapat menyebabkan pendarahan implantasi.
Berikut adalah beberapa tanda pendarahan implantasi:
-          Warna: Warna setiap harinya berbeda mungkin merah muda, merah, atau coklat.
-          Pendarahan: Pendarahan biasanya dibandingkan dengan periode menstruasi reguler Anda. Bercak didefinisikan oleh kehadiran darah hanya saat menyeka.
-          Nyeri: Nyeri mungkin ringan, sedang, atau berat. Menurut sebuah penelitian terhadap 4.539 wanita (womenTrusted Source), 28 persen wanita menghubungkan perdarahan bercak yang ringan dengan rasa sakit.
-          Pendarahan implantasi kemungkinan berlangsung kurang dari tiga hari dan tidak memerlukan perawatan.
Hindari merokok, minum alkohol, atau menggunakan obat-obatan terlarang, yang dapat menyebabkan perdarahan hebat.
2.  Masa haid terlewat selama awal kehamilan
Setelah implantasi selesai, tubuh Anda akan mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini membantu tubuh menjaga kehamilan. Ini juga memberitahu ovarium untuk berhenti mengeluarkan telur matang setiap bulan. Anda kemungkinan akan melewati masa menstruasi berikutnya empat minggu setelah pembuahan. Jika Anda memiliki periode yang tidak teratur, Anda mungkin harus melakukan tes kehamilan untuk mengonfirmasi kehamilan. Sebagian besar tes di rumah dapat mendeteksi hCG segera setelah delapan hari setelah periode yang terlewat. Tes kehamilan akan dapat mendeteksi kadar hCG dalam urin Anda dan menunjukkan apakah Anda sedang hamil. Lakukan tes kehamilan untuk melihat apakah Anda hamil. Jika positif, hubungi dokter atau bidan untuk menjadwalkan pertemuan pranatal pertama Anda. Jika Anda sedang menjalani pengobatan apa pun, tanyakan kepada dokter Anda apakah mengandung risiko bagi bayi Anda yang sedang tumbuh.
3.  Meningkatkan suhu tubuh selama awal kehamilan
Suhu tubuh yang menjadi lebih tinggi juga bisa menjadi tanda kehamilan. Suhu pada tubuh Anda juga dapat lebih mudah meningkat selama berolahraga atau dalam cuaca panas. Selama waktu ini, Anda harus memastikan untuk minum lebih banyak air putih dan berolahraga dengan hati-hati. Agar tidak dehidrasi
4. Sering merasa Kelelahan selama awal kehamilan
Saat kalian hamil masa awal kalian bisa saja sering merasa kelelahan atau cepat merasa lelah. Gejala ini biasa terjadi pada awal kehamilan. Kadar progesteron Anda akan menjadi tinggi, yang bisa membuat Anda mengantuk dan cepat lelah. Minggu-minggu awal kehamilan bisa membuat Anda merasa lelah. Berusahalah untuk tidur yang cukup. Menjaga kamar tidur Anda tetap dingin juga bisa membantu. Karena Suhu tubuh Anda mungkin akan menjadi lebih tinggi selama tahap awal kehamilan.
5. Penigkatan denyut jantung selama awal kehamilan
     Sekitar minggu 8 hingga 10, jantung Anda mungkin mulai memompa lebih cepat dan lebih keras. Palpitasi dan aritmia sering terjadi pada kehamilan. Ini biasanya karena hormon. Peningkatan aliran darah sering terjadi pada masa kehamilan.

Label : Kesehatan
0 Komentar untuk "Ciri Umum Jika Seorang Wanita Sedang Hamil"

Back To Top