Tempatnya Berbagai Info Yang Dimiliki Penulis

Pendidikan Jasmani Adaptif (Pengertian, Manfaat, dan Karakteristik)


 1.    Pengertian Pendidikan Jasmani Adaptif

Berikut adalah beberapa definisi pendidikan jasmani adaptif:
a.  Pendidikan jasmani adaptif adalah sebuah program individual dalam aktivitas perkembangan, latihan, permainan, senam, dan olahraga yang didesain sesuai dengan kebutuhan pendidikan jasmani yang unik pada individu-individu (Ping, 2000:3).
b. Pendidikan jasmani adaptif adalah program yang didesain secara khusus untuk aktivitas perkembangan, permainan, olahraga, dan senam disesuaikan minat, kemampuan, dan keterbatasan siswa berkebutuhan khusus yang kemungkinan tidak aman atau tidak berhasil mengikuti kegiatan pendidikan jasmani reguler yang tidak dibatasi (The University of the State of New York, 1997:4).
c.  Pendidikan jasmani adaptif adalah layanan pendidikan jasmani yang didesain khusus bagi siswa berkebutuhan khusus (Maryland State Department of Education, 2009:2).
Definisi dari para ahli di atas dapat dirangkum menjadi satu bahwa pendidikan jasmani adaptif merupakan program layanan pendidikan jasmani yang didesain khusus secara individual bagi siswa berkebutuhan khusus dalam aktivitas perkembangan, latihan, permainan, senam, dan olahraga yang disesuaikan minat, kemampuan, dan keterbatasan siswa.

2.    Manfaat Pendidikan Jasmani Adaptif

Menurut Mee (tt.:48) manfaat pendidikan jasmani adaptif antara lain:
a.meningkatkan aktivitas fisik sebagai bagian dari gaya hidup aktif
b.mengembangkan keterampilan motorik dasar yang dibutuhkan untuk berpartisipasi dalamolahraga bersama teman
c.meningkatkan harga diri dan gambaran diri
d.meningkatkan kemandirian fisik, kemampuan menolong diri sendiri, atau keterampilan yang mendukung kemandirian, kecukupan diri, dan mobilitas
e.mengurangi komplikasi gangguan kesehatan yang saling berhubungan
f.untuk usia dini, dapat mengembangkan fungsional dan kemampuan motorik yang dibutuhkan anak untuk bermain dan bergabung dalam lingkungan belajar bersama teman.
Vest (2006:6) mengemukakan beberapa manfaat dari pendidikan jasmani adaptif, yaitu:
   a.membantu perkembangan kemampuan yang dibutuhkan untuk digunakan di sekolah dan tempat bermain
b.mengantarkan pada aktivitas dan kebugaran fisik yang dapat meningkatkan daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan
c.meningkatkan kemahiran keterampilan sosial
d.membantu perkembangan keterampilan fisik dan sosial yang dibutuhkan untuk berpartisipasi di luar sekolah atau program komunitas
e.membantu transfer kemampuan fisik dan sosial yang diperlukan untuk aktivitas mengisi waktu luang atau yang bersifat rekreasional
f.membantu perkembangan kemampuan untuk keberhasilan berpartisipasi dalam pendidikan jasmani reguler di pendidikan inklusi
g.menyediakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak berkebutuhan khusus
Berdasarkan beberapa manfaat pendidikan jasmani adaptif di atas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan jasmani adaptif secara umum memiliki manfaat untuk mengoptimalkan performa jasmani siswa sehingga siswa lebih sehat, lebih mandiri, dapat berpartisipasi secara aktif di lingkungannya, serta memiliki harga diri dan gambaran diri yang lebih tinggi.

3.    KarakteristikSiswayang MendapatkanPendidikan Jasmani Adaptif

Banyak siswa berkebutuhan khusus seperti siswa tunarungu, tunagrahita, dan anak kesulitan belajar, yang mengikuti pendidikan jasmani reguler tanpa ada perlakuan khusus tertentu (Vest, 2006:12). Namun menurut Mee (tt.:48), siswa yang menghadapi permasalahan dengan performa motorik, mobilitas fisik, dan kemandirian fungsional yang mengganggu kemampuan mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar di sekolah harus mendapatkan pendidikan jasmani adaptif.
Setiap siswa berkebutuhan khusus harus diberikan kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam pendidikan jasmani reguler yang disediakan untuk siswa normal atau reguler. Namun hal ini tidak berlaku bagi siswa yang secara penuh berada di fasilitas atau layanan khusus atau siswa yang memerlukan layanan pendidikan jasmani khusus (Maryland State Department of Education, 2009:3).
Pada dasarnya, siswa berkebutuhan khusus memiliki kesempatan yang sama seperti siswa normal untuk ikut dalam pendidikan jasmani reguler. Pendidikan jasmani adaptif diberikan kepada siswa berkebutuhan khusus yang memang tidak mampu mengikuti pendidikan jasmani secara reguler, baik dikarenakan kodisi fisik maupun kontrol layanan khusus.



Label : Pendidikan
0 Komentar untuk "Pendidikan Jasmani Adaptif (Pengertian, Manfaat, dan Karakteristik)"

Back To Top