Tempatnya Berbagai Info Yang Dimiliki Penulis

Pengertian, Macam, dan Contoh Kata Hubung


Teman-teman disini pasti sudah tidak asing lagi kan dengan yang namanya ‘kata hubung’. Sejak SMP atau mungkin SD saat pelajaran Bahasa Indonesia sudah sering kita dengar. Lalu apa sebenarnya kata hubung itu. Simak penjelasan kali ini

Pengertian Kata Hubung

Kata hubung atau dalam istilah Bahasa Indonesia biasa disebut konjungsi adalah kelompok kata yang memiliki fungsi menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat serta paragraf dengan paragraf agar menjadi selaras dan terjadi kesinambungan diantaranya.

Macam Macam Kata Hubung dan Contohnya

1.Konjungsi Penambahan

Konjungsi yang berfungsi menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat serta paragraf dengan paragraf yang memiliki kedudukan yang sama atau setara. Konjungsi yang biasa digunakan : dan, lagi, serta
Contoh : Saat senja Yoshino dan Freed mengunjungi pantai di selatan.

2.Konjungsi Pertentangan

Konjungsi yang berfungsi menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat serta paragraf dengan paragraf yang keduanya saling berlawanan atau bertentangan. Konjungsi yang biasa digunakan : tetapi, melainkan, padahal, namun.
Contoh : Bukan Jowy pelakunya tetapi Luca si tangan dingin itu.

3.Konjungsi Pilihan

Konjungsi yang berfungsi menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat serta paragraf dengan paragraf yangbertujuan untuk memilih. Konjungsi yang biasa digunakan : atau.
Contoh : The Hobbit atau Harry Potter, mana film yang kau suka ?

4.Konjungsi Waktu

Konjungsi yang berfungsi menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat serta paragraf dengan paragraf yang memiliki fungsi menunjukkan waktu. Konjungsi yang biasa digunakan : ketika, tatkala, waktu.
Contoh : Ibu membuat ketupat ketika aku menonton Avengers 3.

5.Konjungsi Tujuan

Konjungsi yang berfungsi menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat serta paragraf dengan paragraf yang menunjukkan tujuan atau maksud. Konjungsi yang biasa digunakan : agar, guna, supaya.
Contoh : Saya menulis artikel ini guna dibaca oleh Anda semua.

6.Konjungsi Sebab

Konjungsi yang berfungsi menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat serta paragraf dengan paragraf yang menunjukkan sebuah kejadian sebab tertentu atau khusus. Konjungsi yang biasa digunakan : sebab,karena,.
Contoh : Bayu menjadi Otaku sebab menonton anime Ansatsu Kyoushitsu.

7.Konjungsi Akibat

Konjungsi yang berfungsi menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat serta paragraf dengan paragraf yang menunjukkan akibat dari suatu kejadian atau suatu hal. Konjungsi yang biasa digunakan : akibatnya, sehingga.
Contoh : Sekolah Firdis sangat jauh akibatnya ia harus mengontrak.

8.Konjungsi dengan Syarat

Konjungsi yang berfungsi menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat serta paragraf dengan paragraf yang menunjukkan suatu hal bisa terpenuhi atau terjadi jika diikuti syarat tertentu/khusus. Konjungsi yang biasa digunakan :jika, asalkan, apabila.
Contoh : Mikasa tidak akan selamat apabila Eren tidak menolongnya saat mereka masih kecil.

9.Konjungsi tak Bersyarat

Konjungsi yang berfungsi menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat serta paragraf dengan paragraf yang menunjukkan suatu hal atau kejadian bisa terjadi tanpa adanya syarat. Konjungsi yang biasa digunakan : walaupun, biarpun, meskipun.
Contoh : Charmy tak gemuk walaupun ia banyak makan.

10.Konjungsi Perbandingan

Konjungsi yang berfungsi menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat serta paragraf dengan paragraf yang berfungsi menghubungkan 2 hal lalu dibandingkan. Konjungsi yang biasa digunakan : seperti, ibarat, bak.
Contoh : Kepintaran Ayanokoji ibarat Si Naga Tidur Zhuge Liang.

11.Konjungsi Penegas

Konjungsi yang berfungsi menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat serta paragraf dengan paragraf yang berfungsi menjelaskan kalimat,frasa,klausa atau kata sebelumnya. Konjungsi yang biasa digunakan : yakni, yaitu.
Contoh : Itulah sang penyelamat kita, yaitu Theo Cornaro.

12.Konjungsi Penjelas

Konjungsi yang berfungsi menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat serta paragraf dengan paragraf yang menjelaskan kalimat,frasa,klausa atau kata sebelumnya. Konjungsi yang biasa digunakan : bahwa.
Contoh : Mereka yakin bahwa Arvin akan datang.

13.Konjungsi Temporal

Konjungsi yang memiliki fungsi untuk menunjukkan sebuah urutan. Konjungsi yang biasa digunakan : lalu, kemudian.
Contoh : Tiriskan rebusan tadi kemudian saring.

14.Konjungsi Pembatas

Konjungsi yang bertujuan untuk memberikan batasan terhadap suatu hal. Konjungsi yang biasa digunakan : kecuali.
Contoh : Kau boleh makan semuanya kecuali yang ada di piring biru itu.


Yah itulah yang bisa saya share ke teman-teman. Apabila ada yang salah tolong koreksinya apabila ada tambahan bisa bilang ke admin, dan terima kasih sudah berkunjung.
0 Komentar untuk "Pengertian, Macam, dan Contoh Kata Hubung"

Back To Top