Tempatnya Berbagai Info Yang Dimiliki Penulis

Masalah Ketenagakerjaan di Indonesia dan Solusi Mengatasinya


Dalam menjalani hidup, kita pasti tidak lepas dari yang namanya masalah. Setiap individu pastilah memiliki masalahnya masing-masing. Begitu pula sebuah negara, tentunya memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Banyak sekali masalah yang dihadai oleh suatu negara, terutama negara berkembang seperti Indonesia. Diantara masalah-masalah tersebut salah satunya ialah masalah ekonomi yakni masalah ketenagakerjaan. Lalu apa saja masalah ketenagakerjaan yang dihadapi oleh negara Indonesia. Langsung sikat gan . . . .

Masalah Ketenagakerjaan di Indonesia

1.Angkatan Kerja yang Terlalu Banyak

Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak didunia. Dengan jumlah penduduk yang banyak otomatis jumlah angkatan kerja yang ada juga banyak. Lantas mengapa jumlah angkatan kerja yang terlalu banyak bisa menimbulkan masalah ? hal ini karena besarnya angkatan kerja di Indonesia tidak sebanding dengan kesempatan kerja yang tersedia. Banyaknya angkatan kerja tidak bisa semuanya terserap oleh kesempatan kerja yang ada, sehingga bisa menyebabkan terjadinya pengangguran.
Solusi : Jumlah angkatan kerja yang terlalu banyak disebabkan angka pertumbuhan penduduk yang tinggi, apalagi sebagian besar penduduk Indonesia memiliki prinsip “banyak anak banyak rezeki”, hal ini mendukung pertumbuhan penduduk di Indonesia menjadi tinggi. Maka solusi yang bisa dilakukan pemerintah ialah menekan pertumbuhan penduduk, yakni dengan melaksanakan progam Keluarga Berencana (KB)

2.Mutu Tenaga Kerja Rendah

Jumlah angkatan kerja yang tinggi tidak diimbangi dengan kualitas tenaga kerja. Kualitas tenaga kerja di Indonesia relatif rendah. Rendahnya kualitas tenaga kerja ini disebabkan beberapa hal, seperti rendahnya pendidikan, kurangnya pelatihan atau pemagangan kerja, rendahnya konsumsi gizi, serta ketidak sesuaian kurikulum pendidikan dengan pekerjaan yang ada.
Kualitas tenaga kerja mempengaruhi efektivitas dan efesiensi hasil produksi. Dengan tenaga kerja yang kualitasnya relatif rendah membuat hasil produksi Indonesia kalah bersaing dengan produk asing.
Solusi :
-Peningkatan pendidikan
-Pembenahan kurikulum
-Peningkatan gizi masyarakat
-Peningkatan pelatihan atau pemagangan bagi tenaga kerja

3.Persebaran Angkatan Kerja yang Tidak Merata

Indonesia memiliki daratan yang sangat luas, namun dengan daratan yang sangat luas tersebut penduduk Indonesia hanya berkonsentrasi di pulau Jawa saja. Hal ini menyebabkan tidak meratnya distribusi tenaga kerja. Sehingga daerah lain menjadi sulit berkembang karena kurangnya tenaga kerja yang ada. Sedangkan di pulau Jawa tidak semua tenaga kerja diserap kesempatan kerja yang ada. Kondisi ini bisa menyebabkan peningkatan angka pengangguran.
Solusi : Solusi yang bisa dilakuakn pemerintah Indonesia adalah dengan mencanangkan progam transmigrasi guna meratakan distribusi penduduk serta tenaga kerja.

4.Meningkatnya Pengangguran


Pengangguran merupakan istilah bagi seseorang yang tidak bekerja atau istilah lainnya tuna karya. Meningkatnya pengangguran disebabkan oleh 3 masalah diatas. Jadi solusi yang dilakukan untuk mengatasi peningkatan pengangguran adalah dengan mengatasi 3 masalah yang telah kita bahas diatas.
Label : IPS
0 Komentar untuk "Masalah Ketenagakerjaan di Indonesia dan Solusi Mengatasinya"

Back To Top