Tempatnya Berbagai Info Yang Dimiliki Penulis

Cara Membuat Pop Up Book


Pop up book cukup digemari kawula muda karena keunikannya. Bagaimana tidak unik, lha wong dengan membuka bukunya atau dengan menarik tuas di dalamnya saja bisa memunculkan sesuatu dari buku, atau membuat fitur di dalam buku bisa berputar, mekar, mengembang, bergerak-gerak, membuka-melipat, dan lain sebagainya. Semakin tinggi kreativitas seseorang, semakin bagus dan keren pop up book yang dihasilkan.

Sebagai pemula, kita cukup belajar untuk membuat pop up book yang sederhana dulu. Seiring dengan waktu, kita bisa meningkatkan keterampilan dan membuat pop up book yang lebih rumit dan keren.

Nah, berikut ini contoh langkah-langkah konkrit bagaimana membuat pop up book dari awal hingga benar-benar jadi. Buku ini berisi tentang gambaran suasana 4 musim pada iklim subtropis. Ketika satu halaman dibuka, akan muncul bentuk orang-orang yang beraktivitas pada setting musim tertentu. Pada halaman selanjutnya, berganti setting musim dan bentuk aktivitas orang-orangnya.

Cara Membuat Pop Up Book:

1.      Membuat desain latar belakang (background) dan latar tanah menggunakan MS Word dengan ukuran kertas A4. Kertas A4 dibagi menjadi 2 bagian. Bagian atas merupakan desain latar belakang (penampang yang dilihat dari depan) dan bagian bawah merupakan latar tanah (penampang yang dilihat dari atas). Desain ini terdiri dari musim semi, panas, gugur, dan dingin.

2.      Menentukan isian apa saja yang akan dimasukkan ke dalam setiap musim. Isian berupa aktivitas manusia yang berhubungan dengan musim tersebut.




3.      Mencetak desain latar belakang dan latar tanah di kertas buffalo putih polos. Isian juga dicetak secara terpisah dari latar belakang.


4.  Isian digunting sesuai bentuk gambarnya. Kemudian ditentukan di mana akan diletakkan masing-masing isian tersebut sesuai desain yang telah dibuat.


5.    Langkah selanjutnya yaitu membuat penyangga. Fungsinya yaitu untuk menyangga isian agar bisa berdiri ketika bukunya dibuka. Penyangga lebarnya 1 cm, dengan tinggi juga 1 cm dari tanah. Caranya yaitu pertama, dari garis temu (horizontal) antara latar belakang dan latar tanah ditarik garis ke atas (di area latar belakang) sepanjang 1 cm. Ini akan menentukan tinggi penyangga 1 cm. Kemudian yang kedua, tarik ke bawah (di area latar tanah) hingga titik dimana isian akan berdiri. Garis ini kemudian dipotong dengan cutter. Di sebelah garis tersebut dengan jarak 1 cm dipotong lagi dengan panjang yang sama dan sejajar.

6.      Kemudian isian ditempelkan ke penyangga. Hal ini dilakukan ke semua musim.

  


7. Tahap selanjutnya yaitu menyatukan semua musim menjadi satu buku. Urutan musimnya yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, musim dingin. Untuk menyatukan musim semi dengan musim panas, caranya yaitu latar tanah musim semi ditempelkan ke latar belakang musim panas. Hal yang sama juga dilakukan ke musim yang lain sesuai urutan.


8.   Setelah semua musim ditempelkan menjadi satu, selanjutnya adalah memberi sampul agar lebih rapi. 

9.     Pop up book telah selesai dibuat.

Membuat pop up book sebenarnya mudah kok, hanya perlu telaten dan memahami teknik / cara bagaimana agar isian atau fitur di dalam buku bisa berdiri, berputar, bergerak, dan lainnya.
Label : Menulis
0 Komentar untuk "Cara Membuat Pop Up Book"

Back To Top