Tempatnya Berbagai Info Yang Dimiliki Penulis

Pengertian, Cara Menghitung , dan Manfaat Pendapatan Perkapita

Pengertian Pendapatan Perkapita

Anda pasti sering mendengar “pendapatan perkapita”, apakah anda tahu apa arti dari pendapatan perkapita?. Apa definisi dari pendapatan perkapita ?.
Pendapatan perkapita adalah besarnya pendapatan penduduk dalam suatu negara dalam kurun waktu satu tahun. Pendapatan perkapita berbeda pengan pendapatan nasional, jika pendapatan nasinal adalah pendapatan total negara dalam satu tahun sedang pendapatan perkapita adalah pendapatan rata-rata penduduk dalam satu tahun. Jika suatu negara memiliki penduduk yang banyak, negara tersebut memiliki pendapatan nasinal yang besar, namun belum tentu pendapatan perkapita negara tersebut ikut besar. Contohnya Indonesia dengan Singapura, penduduk di indonesia memanglah banyak begitu juga dengan pendapatan nasionalnya, namun pendapatan perkapita indonesia termasuk sedang. Berbeda dengan singapura yang memiliki penduduk sedikit, pendapatan nasionalnya memang dibawah Indonesia tapi pendapatan perkapitanya jauh lebih besar milik singapura.
Dapat dikatakan pula jika pendapatan perkapita adalah hasil pendapatan nasinal dibagi jumlah penduduk. Pendapatan perkapita dapat dijadikan indikator penduduk dalam negara tersebut makmur atau tidak, namun itu juga tidak pasti. Kita mesti harus melihat dulu kesenjangan pendapatan penduduk dalam negara tersebut tinggi atau rendah. Apabila negara memiliki kesenjangan pendapatan tinggi maka negara tersebut belum dikatakan makmur, namun apabila kesenjangan pendapatan rendah maka bisa dikatakan negara tersebut makmur.

Pengelompokan Negara Berdasarkan Pendapatan Perkapita

-Negara berpendapatan perkapita rendah (Low Income Economic) yaitu negara dengan pendapatan perkapita kurang dari US 1.045.
-Negara berpendapatan perkapita menengah bawah (Lower Middle Income Economic) yaitu negara dengan pendapatan perkapita antara US 1.046 sampai US 4.125. (Indonesia masuk golongan ini, miris ya)
-Negara berpendapatan perkapita menengah tinggi (Upper Middle Income Economic) yaitu negara dengan pendaatan perkapita antara US 4.126 sampai 12.736.
-Negara berpendapatan perkapita tinggi (High Income Economic) yaitu negara dengan pendapatan lebih dari US 12.737.

Cara Menghitung Pendapatan Perkapita

Seperti yang telah dijelaskan diatas pendapatan perkapita dapat diketahui dengan cara membagi pendapatan nasional dengan jumlah penduduk, atau jika dirumuskan maka :

Pendapatan perkapita = 



Manfaat Mengetahui Pendapatan Perkapita

-Dapat dijadikan indikator negara tersebut makmur atau tidak.
-Dijadikan acuan dalam pengambilan kebijakan ekonomi.
-Untuk mengetahui kesejahteraan negara dari tahunke tahun.


Label : IPS
3 Komentar untuk "Pengertian, Cara Menghitung , dan Manfaat Pendapatan Perkapita"

Makasih ilmunya gan �� Ditunggu kunjungan nya

Waaah anak ekonomi nih?
Thank you infonya ya

Back To Top