Tempatnya Berbagai Info Yang Dimiliki Penulis

Peran Pelaku Ekonomi


Pengertian Pelaku Ekonomi

Pelaku ekonomi adalah individu, kelompok-kelompok, atau lembaga-lembaga yang ikut aktif dalam melakukan kegiatan perekonomian baik itu kegiatan berupa produksi, distribusi, maupun konsumsi. Awalnya dalam perekonomian sederhana hanya ada dua pelaku ekonomi, yaitu rumah tangga dan perusahaan. Rumah tangga berfungsi sebagai penyedia faktor-faktor produksi seperti tanah, tenaga kerja, modal, dan lain-lain. Adapun perusahaan berfungsi sebagai pihak yang mengelola faktor-faktor produksi untuk memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan rumah tangga. Selanjutnya, sesuai perkembangan zaman dan perkembangan ketatanegaraan, keberadaan pemerintah dan adanya perdagangan antar negara (masyarakat luar negeri) diperlukan demi kelancaran kehidupan ekonomi.

Peran Pelaku Ekonomi

Rumah Tangga

Rumah tangga merupakan kelompok dalam masyarakat yang melaksanakan kegiatan konsumsi pada barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam kegiatan ekonomi, rumah tangga memiliki dua peran, yakni :
a.Sebagai konsumen terhadap barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan guna memenuhi kebutuhan.
b.Sebagai penyedia faktor-faktor produksi seperti tenaga kerja, tanah, bahan baku, modal dan pengusaha.
Untuk  melakukan konsumsi, rumah tangga memerlukan pendapatan berupa uang. Pendapatan rumah tangga umumya didapatkan dari perusahaan dalam bentuk :
-Upah (wage), yaitu imbalan yang diterima rumah tangga karena telah mengorbankan tenaga dalam kegiatan produksi.
-Sewa (rent), yaitu imbalan yang diterima rumah tangga sebab telah mengorbankan tenaganya untuk bekerja pada perusahaan dalam kegiatan produksi.
-Bunga (interest), yaitu imbalan yang diterima rumah tangga dari perusahaan sebab telah meminjamkan sejumlah dana/uang untuk modal usaha perusahaan dalam kegiatan produksi.
-Laba (profit), yaitu imbalan yang diterima rumah tangga produsen sebab telah mengorbankan tenaga dan pikirannya dalam mengelola perusahaan dapat mendapat laba.
Dari penjelasan diatas diketahui adanya interaksi antara rumah tangga dengan perusahaan. Interaksi tersebut menyebabkan terjadinya arus uang dab barang serta jasa antara rumah tangga dengan perusahaan.

Perusahaan

Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak dan berbagai macam perusahaan. Ada perusahaan yang dimiliki oleh swasta ada pula perusahaan yang dimiliki pemerintah. Perusahaan berbagai jenis macamnya, jika dilihat berdasarkan bentuk hukumnya perusahaan bisa dikelompokka menjadi perusahaan perorangan, firma, CV, dan PT. Perusahaan-perusahaan tersebut memiliki peran yang penting dalam kegiatan ekonomi antara lain :
-Sebagai produsen, dengan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh rumah tangga, pemerintah, ataupun masyarakat luar negeri. Oleh sebab itu, setiap perusahaan wajib memerhatikan kualitas dan kuantitas produksinya sesuai dengan kebutuhan konsumen.
-Sebagai distributor, sebagai mata rantai penyaluran barang dalam rangka melayani konsumen agar barang yang dibutuhkan sampai pada konsumen tepat waktu, tempat dan sassaran sehingga barang yang dibutuhkan masyarakat dapat mudah diperoleh.
-Sebagai agen pembangunan, kegiatan perusahaan sebagai agen pembangunan ditujukan untuk meningkatkan produksi melalui penelitian dan pengembangan. Setiap perusahaan selalu berusaha supaya tidak ketinggalan ilmu dan teknologi serta dapat mengembangkan diri sesuai dengan kemajuan zaman. Perusahaan yang mencapai sukses dapat dikatakan berfungsi sebagai agen pembangunan. Perusahaan yang demikian tidak hanya mengejar untung, tetapi bertanggung jawab atas karyawan dan masyarakat umum.

Pemerintah

Dalam perekonomian pemerintah bertugas mengatur, mengendalikan, dan mengadakan kontrol pada jalannya perekonomian negara agar rakyat dapat hidup sejahtera. Dalam perekonomian pemerintah memiliki peran :
-Sebagai produsen
Pemerintah dalam perannya sebagai produsen adalah memproduksi barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat (menyangkut kepentingan orang banyak). Contoh barang dan jasa yang dihasilkan oleh pemerintah yaitu minyak (Pertamina), listrik (PT PLN Persero), angkutan kereta api (PT KAI) dan lain sebagainya.
-Sebagai konsumen
Dalam menjalankan fungsinya pemerintah membutuhkan barang dan jasa untuk dikonsumsi. Contohnya peralatan kantor, seperti komputer, meja, lemari, alat tulis.
-Sebagai pengatur kegiatan ekonomi
Dalam perannya sebagai pengatur kegiatan ekonomi, pemerintah membuat berbagai peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi.

Masyarakat Luar Negeri

Peran masyarakat luar negeri dalam era globalisasi seperti saat ini sangatlah penting. Negara tidak bisa menghindari keterlibatan masyarakat luar negeri dalam perdagangan internasional. Peranan masyarakat luar negeri antara lain :
-Sebagai konsumen
Sebagai konsumen masyarakat luar negeri yaitu dengan mengekspor barang dan jasa tersebut ke negera mereka.
-Sebagai produsen
Produk yang dihasilkan oleh luar negeri juga bisa kita konsumsi dengan mengimpor. Artinya masyarakat luar negeri juga bisa sebagai produsen.
-Sebagai investor

Penanam modal di indonesia kebanyakan adalah orang luar negeri, sehingga masyarakat luar negeri juga bisa berperan sebagai investor.
Label : IPS
0 Komentar untuk "Peran Pelaku Ekonomi"

Back To Top