Tempatnya Berbagai Info Yang Dimiliki Penulis

Pengertian dan Macam-Macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia


Pengertian Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Manusia selalu ingin memenuhi kebutuhannya, oleh karena itulah dibutuhkan alat pemuas kebutuhan manusia. Alat pemuas kebutuhan manusia sendiri memiliki arti semua alat baik berupa barang maupun jasa, yang memiliki guna untuk memuaskan kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia sangatlah beragam, oleh sebab itu alat pemuas kebutuhan juga beraneka ragam jenusnya.
Selain itu alat pemuas kebutuhan manusia bisa berupa barang ataupun jasa. Alat pemuas kebutuhan berupa barang merupakan pemuas kebutuhan yang berbentuk benda berwujud. Sedangkan alat pemuas kebutuhan berupa jasa merupakan alat pemuas kebutuhan yang tidak berwujud namun dapat dirasakan manfaatnya, Contohnya musik.

Macam-Macam Alat Pemuas Kebutuhan

A.Barang berdasarkan wujudnya

-Barang konkret
Barang konkret maksudnya berwujud, Jadi bisa diartikan barang konkret adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang memiliki bentuk, dapat dilihat, diraba, dan dirasakan. Barang ini biasanya memberikan manusia dengan bentuk nyata dan bisa dirasakan langsung manfaatnya. Contohnya lemari, kue, tas, sepeda dan lain sebagainya.
-Barang abstrak
Abstrak maksudnya tidak berwujud, bisa diartikan barang abstrak adalah alat pemuas kebutuhan yang tidak dapat dilihat, diraba, namun bisa dirasakan manfaatnya. Biasanya alat pemuas kebutuhan dalam bentuk ini berupa pelayanan. Contohnya jasa guru, jasa dokter, jasa ojek, dan lain sebagainya.

B.Barang berdasarkan cara memperolehnya

-Barang bebas (non-ekonomi)
Barang bebas merupakan alat pemuas kebutuhan yang cara memperolehnya tidak memerlukan pengorbanan. Hal ini dikarenakan jumlahnya yang tak terbatas. Contohnya cahaya matahari, udara dan air.
-Barang ekonomi
Barang ekonomi berbeda dengan barang bebas, jika barang bebas tidak memerlukan pengorbanan, maka barang ekonomi untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan. Hal ini dikarenakan jumlahnya yang terbatas, dan akan habis bila digunakan secara terus menerus. Contohnya kayu, makanan, kain, dan lain sebagainya.

C.Barang berdasarkan tujuan penggunaannya

-Barang konsumsi
Barang konsumsi adalah alat pemuas kebutuhan yang langsung dapat digunakan dan dirasakan manfaatnya secara langsung untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang konsumsi bisa langsung digunakan oleh manusia. Contohnya roti, mobil, meja, buku, dan lain sebagainya.
-Barang Produksi
Barang produksi merupakan barang yang dapat digunakan untuk membuat barang lain. Contohnya mesin jahit, penggiling padi dan lain sebagainya.

D. Barang berdasarkan fungsinya

-Barang pelengkap (komplomenter)
Barang komplomenter adalah alat pemuas kebutuhan yang dapat dirasakan manfaatnya jika digunakan bersama-sama dengan barang lain. Contohnya bensin dengan kendaraan bermotor, kancing dengan baju, pensil/pulpen dengan kertas dan lain sebagainya.
-Barang subtitusi
Barang subtitusi adalah barang yang dalam penggunaannya dapat saling menggantikan karena memiliki fungsi kepuasan yang sama. Contohnya beras dapat digantikan dengan sagu, jagung, atau singkong.

E.Barang berdasarkan proses pembuatannya

-Barang mentah
Barang mentah merupakan bahan dasar yang dapat digunakan untuk menghasilkan suatu barang. Barang mentah sebelum dirasakan manfaatnya membutuhkan proses pengolahan. Contohnya kelapa sawit yang akan diolah menjadi minyak goreng.
-Barang setengah jadi
Barang setengah jadi adalah barang hasil pengolahan barang mentah namun belum menjadi produk akhir. Contohnya kain, benang, dan lain sebagainya.
-Barang jadi
Barang jadi adalah barang hasil akhir pengolahan barang mentah. Barang jenis ini sudah bisa untuk digunakan dan dikonsumsi. Contohnya baju, televisi, HP, dan lain sebagainya.

F.Barang berdasarkan kegunaanya untuk jaminan kredit

-Barang bergerak
Barang bergerak merupakan barang yang dapat digunakan untuk mendapatkan kredit jangka pendek. Contohnya BPKB.
-Barang tidak bergerak
Barang tidak bergerak merupakan barang yang dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan kredit jangka panjang. Contohnya tanah.

G.Barang berdasarkan kualitasnya

-Barang superior
Barang superior adalah barang yang memiliki kualitas tinggi. Contohnya adalah barang dengan merk-merk mahal.
-Barang inferior
Barang inferior adalah kebalikan dari barang superior, yakni barang dengan kualitas rebdah. Contohnya barang bekas.
Label : IPS
1 Komentar untuk "Pengertian dan Macam-Macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia"

Bagus bro, pembahasannya mantap.
Mari kunjung balik ke sini ya:
https://goo.gl/Dco7sf

Back To Top